Minggu, 07 April 2013

TANTANGAN BANGSA INDONESIA DI ERA GLOBALISASI



A.  Globalisasi
Secara umum globalisasi adalah suatu perubahan sosial dalam bentuk semakin bertambahnya keterkaitan antara masyarakat dengan faktor-faktor yang terjadi akibat transkulturasi dan perkembangan teknologi. Istilah globalisasi dapat diterapkan dalam bebagai konteks sosial, budaya, ekonomi, dan sebagainya, Sehingga telah menyatu dengan kehidupan manusia secara umum.
Globalisasi merupakan fenomena berwajah majemuk. Seperti yang diuraikan scholte (2000), bahwa globalisasi sering diidentikkan dengan :
1.    Internasionalisasi yaitu hubungan antar negara, meluasnya perdagangan dan penanaman modal.
2.    Liberalisasi yaitu pencabutan pembatasan-pembatasan pemerintah untuk membuka ekonomi tanpa pagar dalam hambatan perdagangan, pembatasan keluar masuk mata uang, kendali devisa dan ijin masuk suatu negara (visa).
3.    Universalisasi yaitu ragam hidup seperti makanan Mc Donald, kendaraan, diseluruh pelosok penjuru dunia.
4.    Westernisasi yaitu ragam hidup model budaya barat atau amerika
5.    De-teritorialisasi yaitu perubahan-perubahan geografi sehingga ruang sosial dalam perbatasan, tempat, dan distance menjadi berubah.

B.  Global warming
Global warming (pemanasan global) adalah salah satu dampak kemajuan teknologi yang selama ini dipuja dan didewa-dewakan tanpa adanya keseimbangan alam yang mendukung. Pemanasan global tidak jauh dari peran negara-negara maju yang senantiasa mengembangkan dan memproduksi secara besar-besaran atas produksi barang dengan limbah yang berbahaya atau dapat alam, khususnya yang secara langsung yaitu lamban tapi pasti dapat merusak lapisan ozon bumi, akibat dari asap-asap pabrik atau yang lainnya yang berpotensi merusak lapisan ozon. Sehingga suhu panas yang ada dibumi ini akan selalu meningkat.
Disini peran negara berkembang sangat dibutuhkan dalam proses penyeimbangan alam, yaitu dengan melakukan pelestarian alam dengan menanam pohon. Walaupun dari kacamata politik, bahwa itu tidak adil. Karna negara berkembang hanya disuruh untuk melestarikan hutannya, tetapi mereka negara maju selalu meningkatkan produk-produknya. Tetapi halini nyata adanya, karena bumi ini memang butuh keseimbangan alam.

C.  Budaya
Dalam rangka ketahanan nasional, peluang, dan tantagan bangsa indonesia dalam era globalisasi yang salah satunya dapat kita jumpai dibidang sosial-budaya, yaitu:
a)    Meningkatkan sumberdaya manusia, yaitu kompetensi dan komitmen melalui demokratisasi pendidikan
b)   Penguasaan ilmu dan teknologi serta mengaplikasikannya dalam kehidupan bermasyarakat
c)    Menyusun kode etik profesi yang sesuai dengan karakter dan budaya bangsa
Bangsa indonesia kaya akan budaya. Bangsa indonesia terdiri dari berbagai suku-suku atau golongan-golongan, dan masih banyak lagi budaya-budaya lokal yang mewarnai bangsa ini. Kita dituntut untuk selalu berkembang dengan mengikuti perkembangan zaman, tetapi alangkah baiknya jika kita dapat menjaga nilai-nilai luhur dan melestarikan budaya kita ini di era globalisasi ini.

D.  Politik dunia
Dalam rangka ketahanan nasional, peluang, dan tantagan bangsa indonesia dalam era globalisasi yang salah satunya dapat kita jumpai dibidang politik, yaitu:
a.       Demokrasi menjadi sistem politik di indonesia yang berintikan kebebasan mengemukakan pendapat
b.      Politik luar negeri yang bebas aktif
Melaksanakan sistem pemerintahan yang baik dengan prinsip partisipasi, transparansi, rule of law, reponsip, serta efektif dan efisien

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes